PEMBELAJARAN

KD 2.4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang : SMP nEGERI 1 Nguling
Kelas/Semester : VIII / II
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit (5 x Pertemuan)

A. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi

B. KOMPETENSI DASAR :
2.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana

C. INDIKATOR :
1.Membuat dokumen baru
2.Melakukan format lebar kolom dan tinggi baris
3.Mengedit text
4.Memodifikasi tabel
5.Menyisipkan object
6.Mengatur format bilangan
7.Menggunakan rumus dan fungsi
8.Membuat grafik
9.Mengatur halaman
10.Mencetak dokumen

D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa/peserta didik mampu :
1.Membuat dokumen baru
2.Mengatur lebar kolom dan tinggi baris
3.Mengentri data pada dokumen
4.Mengatur tampilan borders pada dokumen
5.Mengedit kolom dan baris pada dokumen
6.Menyisipkan object pada dokumen
7.Mengatur format bilangan
8.Menggunakan rumus dan fungsi
9.Membuat grafik
10.Pengaturan halaman
11.Mencetak dokumen

E. MATERI POKOK :
1.Membuat dokumen baru
2.Mengatur format lebar kolom dan baris
3.Mengedit kolom dan baris
Menyisisipkan kolom dan baris
Menghapus kolom dan baris
Menggabung beberapa sel
4.Entri data
5.Mengatur tampilan borders
6.Menyisipkan object (gambar dan tulisan seni)
Menambahkan WordArt
Menambahkan gambar dari file gambar dan clip art
7.Mengatur berbagai format bilangan
Mengatur tanda desimal dan ribuan
Memasukkan data teks, waktu, dan tanggal
8.Menggunakan berbagai rumus dan fungsi
Rumus menghitung jumlah karakter =LEN(A1)
Rumus merubah karakter menjadi huruf besar (=UPPER(A1)
Rumus merubah karakter menjadi huruf kecil =LOWER(A1)
Rumus mengambil jumlah karakter sebelah tengah =MID(A1;2)
Rumus mengambil jumlah karakter sebelah kanan =RIGHT(A1;4)
Rumus mengambil jumlah karakter sebelah kiri =LEFT(A1;4)
Rumus penjumlahan =SUM(B1:B4)
Rumus nilai terbesar =MAX(B1:B4)
Rumus nilai terkecil =MIN(B1:B4)
Rumus total =COUNT(B1:B4)
Rumus rata-rata =AVERAGE(B1:B4)
Fungsi logika =IF(B2<60,“ ulng“,IF(B2<=74,“krng“,IF(B2<=80,“ckp“,IF(B2<=90,“puas“,“sngt puas“))))
Fungsi pembacaan data pada baris =VLOOKUP(C4;C21:F28;2)
Fungsi pembacaan data pada kolom =HLOOKUP(C4;C26:F28;2)
9.Membuat grafik
Menampilkan berbagai macam grafik
Memformat grafik
10.Pengaturan halaman
Memilih ukuran kertas
Memilih bentuk kertas
Mengatur margin
11.Mencetak dokumen
Mencetak dokumen pada layar monitor
Mengatur jumlah copyan
Mengatur urutan pencetakan
Mencetak halaman dan area tertentu

F. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.Ceramah
2.Diskusi kelompok
3.Menunjukkan gambar/bagan
4.Tanya jawab
5.Pemberian tugas

G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :
Pertemuan ke- I (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pengarahan Diskusi

Pre test : Pada menu formatting Underline digunakan untuk ….
Jawab : Memberi garis bawah pada huruf

G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kerja, tiap kelompok terdiri dari 4 orang
2.Guru membagi membagikan naskah/dokumen
3.Guru meminta siswa mengetik naskah dengan berbagai format lebar kolom dan tinggi baris yang sering digunakan terdapat pada program aplikasi microsoft Excel
4.Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan naskah/dokumen

G.3. Penutup (10 menit)
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
Tanya jawab
Penugasan
Mengisi jurnal

Pertemuan ke- II (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pengarahan Diskusi

Pre test : Pada menu bar Page Setup digunakan untuk ….
Jawab : Mengatur batas atas, batas bawah, batas kiri, batas kanan pada lembar kerja yang digunakan

G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kerja, tiap kelompok terdiri dari 4 orang
2.Guru meminta siswa memanggil naskah/dokumen yang pernah dibuat
3.Guru meminta siswa melakukan edit kolom dan baris pada dokumen
4.Guru meminta siswa mengatur tampilan border pada dokumen/naskah
5.Siswa mendemonstrasikan menyimpan naskah/dokumen

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-III (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pengarahan Diskusi

Pre test : Pada menu drawing insert clip art digunakan untuk ….
Jawab : Menyisipkan gambar pada lembar kerja

G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kerja, tiap kelompok terdiri dari 4 orang
2.Guru meminta siswa memanggil naskah/dokumen yang pernah dibuat
3.Guru mendemonstrasikan pengaturan format bilangan
4.Guru mendemonstrasikan penggunaan rumus dan fungsi yang sering di gunakan.
5.Guru mendemonstrasikan langkah-langkah menyisipkan object, membuat tampilan grafik.
6.Guru meminta siswa mendemonstrasikan pengaturan format bilangan, penggunaan rumus dan fungsi, menyisipkan object, membuat tampilan grafik.
7.Siswa mendemonstrasikan serta menyimpan naskah/dokumen

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-IV (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi
Pengarahan Diskusi

Pre test : Pada menu drawing insert clip art digunakan untuk ….
Jawab : Menyisipkan gambar pada lembar kerja

G.2. Penyajian materi (60 menit)
Pemberian tugas mengoprasikan menu-menu dan icon yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-V (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi
Pengarahan Diskusi

Pre test : Mencetak dokumen pada layar monitor digunakan untuk ….
Jawab : Melihat tampilan dokumen yang telah dibuat pada lembar kerja

G.2. Penyajian materi (60 menit)
Pemberian tugas mengoprasikan cara mencetak dokumen ke printer dengan baik dan benar sesuai menu-menu dan icon yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

G. SUMBER BELAJAR/ALAT :
ALAT :
a.Papan tulis
b.Kapur/board maker dan penghapus
c.Komputer

SUMBER BELAJAR :
1.Buku paket TIK SMP kelas VIII TIK
2.Lembar Kerja Siswa (LKS), Modul


H. PENILAIAN :
1)Tes Tertulis/Lisan/Uraian
Soal Tes Tertulis/Daftar pertanyaan (uraian)
a. Jelaskan langkah – langkah membuat dokumen baru !
b. Jelaskan langkah – langkah menyisipkan tulisan Rp. pada cell !
c. Jelaskan langkah – langkah menyalin, menambah, menghapus text !
d. Jelaskan langkah – langkah membuat grafik berdasarkan data yang telah dibuat!
e. Jelaskan langkah – langkah menyisipkan gambar pada icon drawing !
f. Jelaskan langkah – langkah mencetak dokumen !

Jawab
a.langkah – langkah membuat dokumen baru klik File, pilih New

b. langkah – langkah menyisipkan tulisan Rp. pada cell klik Format, Pilih Cells, klik Alignment, pilih curency

c.langkah – langkah menyalin, menambah, menghapus text tekan tombol F2 pada keyboard

d.langkah – langkah membuat grafik berdasarkan data yang telah dibuat Blok data pilih Insert, pilih Chart

e. langkah – langkah menyisipkan gambar pada icon drawing Klik toolbar drawing, pilih Picture

f. langkah – langkah mencetak dokumen Klik File, pilih Print, tentukan jumlah cetakan atau file yang akan dicetak

2) Unjuk Kerja
Diskusi
Kriteria
Keberanian berpendapat Kebenaran pernyataan Kesopanan Total
Bobot 40% 40% 20% 100%


Demonstrasi Mengoprasikan Program Aplikasi Pengolah Angka
Kriteria
Ketelitian mengoprasikan Keberanian mencoba Ketekunan Total
Bobot 40% 30% 30% 100%


Procedure
Kreteria Menjelaskan Menunjukkan Sebutkan Mengolah Menyajikan
Bobot 20 % 20% 20% 20% 20%

Membuat dokumen pada program aplikasi microsoft excel
1 Mengatur lebar kolom dan baris

2 Entri data

3 Mengatur tampilan borders

4 Mengedit kolom dan baris

5 Menyisipkan object

6 Mengatur berbagai format bilangan

7 Menggunakan berbagai rumus dan fungsi

8 Pengaturan halaman

9 Mencetak dokumen


Nguling,..., .......................2010

Guru Mata Pelajaran



MOHAMAD ASFANDI, S.Kom
NIP.

KD 2.3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang : SMP
Kelas/Semester : VIII / II
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit (5 x Pertemuan)

A. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi

B. KOMPETENSI DASAR :
2.3 Menggunakan menu dan icon pokok pada perangkat lunak pengolah angka

C. INDIKATOR :
1. Menggunakan menu dan icon pada menu bar
2. Menggunakan menu dan icon pada menu standart
3. Menggunakan menu dan icon pada menu formatting
4. Menggunakan menu dan icon pada menu drawing

D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa/peserta didik mampu :
1.Menggunakan menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan mouse
2.Menggunakan menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan keyboard
3.Mendemonstrasikan tampilan menu dan icon pada menu bar
4.Menggunakan menu dan ikon pada toolbar standart dengan menggunakan mouse
5.Menggunakan menu dan ikon pada toolbar standart dengan menggunakan keyboard
6.Mendemonstrasikan tampilan menu dan icon pada toolbar standart
7.Menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting dengan menggunakan mouse
8.Menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting dengan menggunakan keyboard
9.Mendemonstrasikan tampilan menu dan icon pada toolbar formatting
10.Menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing dengan menggunakan mouse
11.Menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing dengan menggunakan keyboard
12.Mendemonstrasikan tampilan menu dan icon pada toolbar drawing

E. MATERI POKOK :
Menggunakan menu dan icon
1. pada menu bar
2.pada menu standart
3.pada menu formating
4.pada menu drawing

F. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.Ceramah
2.Diskusi kelompok
3.Demonstrasi
4.Tanya jawab
5.Pemberian tugas

G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke- I (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi
Pre test : Pada menu formatting Underline digunakan untuk ….
Jawab : Memberi garis bawah pada huruf
G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru menerangkan penggunaan menu dan icon terdapat pada menu bar
2.Guru menerangkan penggunaan menu dan icon terdapat pada toolbar standart
3.Guru menerangkan penggunaan menu dan icon terdapat pada toolbar formatting
4.Guru menerangkan penggunaan menu dan icon terdapat pada toolbar drawing
5.Guru meminta siswa mengaplikasikan penggunaan menu bar, standart, formatting, drawing.
6.Siswa mengaplikasikan penggunaan menu bar, standart, formatting, drawing, serta menuliskan hasil temuan setelah menggunakan menu dan ikon dengan menggunakan mouse dan keyboard.

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke- II (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pre test : Pada menu bar Page Setup digunakan untuk ….
Jawab : Mengatur batas atas, batas bawah, batas kiri, batas kanan pada lembar kerja yang digunakan

G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada menu bar
2.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada toolbar standart
3.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada toolbar formatting
4.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada toolbar drawing
5.Guru meminta siswa memperagakan penggunaan menu bar, standart, formatting, drawing.
6.Siswa memperagakan penggunaan menu bar, standart, formatting, drawing.

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-III (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pre test : Pada menu drawing insert clip art digunakan untuk ….
Jawab : Menyisipkan gambar pada lembar kerja

G.2. Penyajian materi (60 menit)
Pemberian tugas mengoprasikan menu-menu dan icon yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-IV (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pre test : Pada menu bar insert sort digunakan untuk ….
Jawab : Mengurutkan abjad A-Z berdasarkan urutan huruf
G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada menu bar
2.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada toolbar standart
3.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada toolbar formatting
4.Guru memperagakan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada toolbar drawing
5.Guru meminta siswa memperagakan penggunaan menu bar, standart, formatting, drawing.
6.Siswa memperagakan penggunaan menu bar, standart, formatting, drawing.

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-V (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Pre test : Pada menu drawing insert clip art digunakan untuk ….
Jawab : Menyisipkan gambar pada lembar kerja

G.2. Penyajian materi (60 menit)
Pemberian tugas mengoprasikan menu-menu dan icon yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

G. SUMBER BELAJAR/ALAT :
ALAT :
a.Papan tulis
b.Kapur/board maker dan penghapus
c.Komputer

SUMBER BELAJAR :
1.Buku paket TIK SMP kelas VIII TIK
2.Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.Komputer

H. PENILAIAN :
1)Tes Tertulis/Lisan/Uraian
Soal Tes Tertulis/Daftar pertanyaan (uraian)
a. Jelaskan langkah – langkah pengaturan lembar kerja yang terdapat pada menu bar ?
b. Jelaskan langkah – langkah memindahkan lembar kerja yang terdapat pada icon standart ?
c. Jelaskan langkah – langkah mengatur Borders pada toolbar Formatting ?
d. Jelaskan langkah – langkah menyisipkan gambar pada icon drawing ?

Kunci jawaban
a.Klik menu File pada menu bar, pilih Page Setup, pilih tab page : tentukan arah pencetakan, tentukan ukuran kertas yang digunakan, pilih tab margin : atur batas atas, bawah, kiri, kanan pengetikan, klik Ok

Tampilan Page Setup : Tab Page
Page : Pemilihan bentuk kertas
Orientation : Arah pencetakan
Potrait : Tegak atau memanjang
Landscape : Melintang atau melebar
Paper Size : Memilih ukuran kertas yang digunakan


Tampilan Page Setup : Tab Margin
Top : Batas atas pengetikan
Left : Batas kiri pengetikan
Bottom : Batas bawah pengetikan
Right : Batas kanan pengetikan
Heaer : Batas catatan di atas pada setiap halaman
Footer : Batas catatan di bawah pada setiap halaman
Horizontally : Menampilkan laporan pada bagian tengah secara horisontal
Vertically : Menampilkan laporan pada bagian tengah secara vertikal

b.Sorot lembar kerja yang akan di pindahkan, klik icon copy, buka lembaer kerja baru, klik paste
c. Sorot lembar kerja atau cell yang akan dibuat sebuah bingkai, klik icon Cells pada toolbar Formatting, klik tab Border, pilih garis yang diinginkan, tentukan bentuk bingkai, pilih warna bingkai, klik Ok


Tampilan icon Cells : Tab Border
Preset : Bentuk tampilan
None : Kosong
Outline : Tampilan tepi bingkai
Inside : Tampilan tangah bingkai
Border : Bentuk tampilan pemilihan bingkai
LineStyle : Bentuk garis bingkai
Color : Pemilihan warna bingkai

d.Klik icon Insert Clip Art pada toolbar Drawing, pilih gambar, klik Insert Picture, klik Ok


Tampilan Clip Art : Insert Picture






2)Unjuk Kerja
Diskusi
Kriteria
Keberanian berpendapat Kebenaran pernyataan Kesopanan Total
Bobot 40% 40% 20% 100%


Demonstrasi Mengoprasikan Program Aplikasi Pengolah Angka
Kriteria
Ketelitian mengoprasikan Keberanian mencoba Ketekunan Total
Bobot 40% 30% 30% 100%


Procedure
Kreteria Menjelaskan Menunjukkan Menyebutkan Mengolah Menyajikan
Bobot 20 % 20% 20% 20% 20%
Menu dan icon pada program aplikasi microsoft excel
1 Menu bar
2 Menu standart
3 Menu formating
4 Menu drawing


Nguling,11, Maret 2010

Guru Mata Pelajaran



MOHAMAD ASFANDI, S.Kom
NIP.

KD 2.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang : SMP Negeri 1 nguling
Kelas/Semester : VIII / II
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

A. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi

B. KOMPETENSI DASAR :
2.2 Menjelaskan fungsi menu icon pada perangkat lunak pengolah angka

C. INDIKATOR :
1. Menjelaskan menu dan icon pada menu bar
2. Menjelaskan menu dan icon pada menu standart
3. Menjelaskan menu dan icon pada menu formatting
4. Menjelaskan menu dan icon pada menu drawing

D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa/peserta didik mampu :
1.Menjelaskan menu dan icon pada menu bar, toolbar standar, toolbar formating, toolbar drawing.
2.Melakukan studi pustaka serta mengamati tampilan menu dan icon pada program aplikasi pengolah angka.
3.Mencocokkan menu dan icon sesuai dengan fungsinya

E. MATERI POKOK :
1. Fungsi menu dan icon pada menu bar :
a.file, memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file buku kerja.
b.Edit, memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan buku kerja.
c.View, memuat perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela excel dan mengatur bagaimana tampilan sebuah buku kerja.
d.Insert, memuat perintah-perintah untuk menambahkan sesuatu ke dalam sebuah buku kerja.
e.Format, memuat perintah-perintah untuk mengatur format buku kerja.
f.Tools, memuat perintah-perintah yang dimiliki oleh program aplikasi Microsoft Excel.
g.Data, memuat perintah-perintah yang digunakan pada saat kita bekerja dengan data-data.
h.Window, memuat perintah-perintah untuk mengatur tampilan jendela program aplikasi Microsoft Excel seperti New Window, Arrange All, dan Split.
i.Help, memuat perintah-perintah untuk menampilkan bantuan.

2. Fungsi menu dan icon toolbar standart :
Memuat perintah-perintah untuk membuat dokumen baru, pengaturan margin dokumen, penyimpanan dokumen, mencetak dokumen, dan lain sebagainya.

3.Fungsi menu dan icon toolbar formating :
Memuat perintah-perintah untuk mengatur format sebuah dokumen, pemilihan jenis format huruf (font), pengaturan besar huruf (font size), pengaturan format kolom, pemberian bingkai dan lain sebagainya.

4. Fungsi menu dan icon toolbar drawing :
Memuat perintah-perintah pemberian garis (line), menyisipkan desain tulisan (word Art), menyisipkan gambar (clip Art), pemilihan warna (Colour) dan lain sebagainya.

F. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.Ceramah
2.Diskusi kelompok
3.Menunjukkan gambar/bagan
4.Tanya jawab
5.Pemberian tugas

G.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke- I (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi
Pre test : Pada menu formatting Bold digunakan untuk ….
Jawab : Mempertebal huruf
G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru menerangkan materi fungsi menu yang terdapat pada menu bar, toolbar standart, toolbar formatting, toolbar drawing.
2.Guru mendemonstrasikan penggunaan menu dan icon pada menu bar, toolbar standart, toolbar formatting, toolbar drawing.
3.Siswa mendemonstrasikan penggunaan menu dan icon pada menu bar, toolbar standart, toolbar formatting, toolbar drawing.
G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal
Pertemuan ke- II (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pre test : Pada menu bar Print preview digunakan untuk ….
Jawab : Melihat hasil cetakan pada layar monitor

G.2. Penyajian materi (60 menit)
1.Guru mendemonstrasikan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada menu bar, toolbar standart, toolbar formatting, toolbar drawing.
2.Siswa mendemonstrasikan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada menu bar, toolbar standart, toolbar formatting, toolbar drawing.

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke-III (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pre test : Pada menu drawing insert clip art digunakan untuk ….
Jawab : Menyisipkan gambar pada lembar kerja

G.2. Penyajian materi (60 menit)
Pemberian tugas mengoprasikan menu-menu dan icon yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel.

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

H. SUMBER BELAJAR/ALAT :
ALAT :
a.Papan tulis
b.Kapur/board maker dan penghapus
c.Komputer

SUMBER BELAJAR :
1.Buku paket TIK SMP kelas VIII TIK
2.Lembar Kerja Siswa (LKS), Modul


I. PENILAIAN :
1)Tes Tertulis/Lisan/Uraian
Soal Tes Tertulis/Daftar pertanyaan (uraian)
a.Jelaskan fungsi program aplikasi microsoft excel ?
b.Jelaskan fungsi Copy yang terdapat pada sub menu Edit pada menu bar ?
c.Jelaskan fungsi CTRL + N pada menu bar ?
d.Jelaskan fungsi icon Auto Sum pada menu standart ?
e.Jelaskan fungsi icon Merge And Center pada menu formating ?
f.Jelaskan fungsi icon Insert Clip Art pada menu drawing ?

Kunci Jawaban
a.Digunakan untuk mengolah angka
b.Menggandakan file yang kita inginkan
c.Membuat dokumen baru
d.Menjumlahkan nilai pada cell tertentu
e.Menggabungkan beberapa cell menjadi satu
f.Menyisipkan gambar pada lembar kerja

2)Unjuk Kerja
Diskusi
Kriteria
Keberanian berpendapat Kebenaran pernyataan Kesopanan Total
Bobot 40% 40% 20% 100%


Demonstrasi Mengoprasikan Program Aplikasi Pengolah Angka
Kriteria
Ketelitian mengoprasikan Keberanian mencoba Ketekunan Total
Bobot 40% 30% 30% 100%


Procedure
Kreteria Menjelaskan Menunjukkan Menyebutkan Mengolah Menyajikan
Bobot 20 % 20% 20% 20% 20%
Menu dan icon pada program aplikasi microsoft excel
1 Menu bar
2 Menu standart
3 Menu formating
4 Menu drawing


Nguling,1 MARET 2010

Guru Mata Pelajaran



MOHAMAD ASFANDI, S.Kom
NIP.

Rabu, 10 Maret 2010


PERANGKAT MENGAJAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang : SMP Negeri 1 Nguling
Kelas/Semester : VIII / II
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x Pertemuan)

A. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi

B. KOMPETENSI DASAR :
2.1 Mengidentifikasi menu icon pada perangkat lunak pengolah angka

C. INDIKATOR :
1. Mengidentifikasi menu dan icon pada menu bar
2. Mengidentifikasi menu dan icon pada menu standart
3. Mengidentifikasi menu dan icon pada menu formatting
4. Mengidentifikasi menu dan icon pada menu drawing

D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa/peserta didik mampu :
1.Menunjukkan menu dan icon pada menu bar
2.Menemukan nama tampilan menu dan icon pada menu bar
3.Menunjukkan menu dan icon pada toolbar standart
4.Menemukan nama tampilan menu dan icon pada toolbar standart
5.Menunjukkan menu dan icon pada toolbar formatting
6.Menemukan nama tampilan menu dan icon pada toolbar formatting
7.Menunjukkan menu dan icon pada toolbar drawing
8.Menemukan nama tampilan menu dan icon pada toolbar drawing


E. MATERI POKOK :
1. Tampilan menu dan icon pada menu bar
2. Tampilan Menu dan Icon pada toolbar Standart :
3. Tampilan Menu dan Icon pada toolbar Formatting :
4. Tampilan Menu dan Icon pada toolbar Drawing

F. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.Ceramah
2.Diskusi kelompok
3.Menunjukkan gambar/bagan
4.Tanya jawab
5.Pemberian tugas

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke- I (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi
Pre test : Program aplikasi Microsoft Excel digunakan untuk mengolah ….
Jawab : Angka

G.2. Penyajian materi (60 menit)
Menerangkan materi program aplikasi microsoft excel 2003
1.Guru menerangkan materi program aplikasi microsoft Excel (menu dan icon)
2.Guru mendemonstrasikan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada menu bar, toolbar standar, toolbar formating, toolbar drawing.
3.Siswa mendemonstrasikan penggunaan menu dan icon yang terdapat pada menu bar, toolbar standar, toolbar formating, toolbar drawing.

G.3. Penutup (10 menit)
Tanya jawab
Mengisi jurnal

Pertemuan ke- II (80 menit)
G.1. Pendahuluan/Apresepsi (10 menit)
Mengabsen siswa
Mengingatkan / menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan prosedur kerja dan memotivasi.
Pengarahan Diskusi.
G.2. Pelaksanaan Diskusi Kelompok
1.Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
2.Guru meminta siswa mendiskusikan tentang menu-menu dan icon yang sering digunakan terdapat pada program aplikasi microsoft Excel.
3.Siswa mendiskusikan menu-menu dan icon yang terdapat pada program aplikasi microsoft Excel.
4.Mengamati tampilan menu dan ikon yang terdapat pada menu bar, toolbar standar, toolbar formating, toolbar drawing.
5.Mencatat hasil temuan
6.Menemukan hasil temuan dalam kelompok kerja
7.Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi

G.3. Penutup
Kesimpulan diskusi.

H. SUMBER BELAJAR/ALAT :
ALAT :
a.Papan tulis
b.Kapur/board maker dan penghapus
c.Komputer
SUMBER BELAJAR :
1.Buku paket TIK SMP kelas VIII TIK
2.Lembar Kerja Siswa (LKS), Modul

I. PENILAIAN :
1)Tes Tertulis/Lisan/Uraian
Soal Tes Tertulis/Daftar pertanyaan (uraian)
a.Sebutkan langkah – langkah membuka program aplikasi microsoft excel ?
b.Sebutkan nama – nama menu bar yang terdapat pada program aplikasi microsoft excel ?
c.Sebutkan nama perintah menu dan icon pada menu standart ?
d.Sebutkan nama perintah menu dan icon pada menu formating ?
e.Sebutkan nama perintah menu dan icon pada menu drawing ?
Kunci Jawaban
a.Hidupkan komputer, klik start, pilih All program, pilih Microsoft Office, klik Microsoft Excel
b.Menu Bar

c.Menu dan icon Standart

d.Menu dan icon Formatting

e.Menu dan icon Drawing


2)Unjuk Kerja
Diskusi
Kriteria
Keberanian berpendapat Kebenaran pernyataan Kesopanan Total
Bobot : 40% 40% 20% 100%


Penilaian Sikap
No Sikap
Nama Siswa Disiplin Antutias Tekun Jujur Tertib Total Skor Nilai Akhir
Keterangan :
Amat Baik diberi skor = 4
Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
Jumlah skor : Nilai
1 - 5 = D
6 - 10 = C
11 - 15 = B
16 - 20 = A

Demonstrasi Mengoprasikan Program Aplikasi Pengolah Angka
Kriteria
Ketelitian mengoprasikan Keberanian mencoba Ketekunan Total
Bobot 40% 30% 30% 100%


Uji Procedure
Soal/Instrumen
• Tentukanlah menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
• Carilah menu dan ikon yang terdapat pada :
• Bar menu
• standar menu
• formating menu
• drawing menu!

Kriteria Menjelaskan Menunjukkan Menyebutkan Mengolah Menyajikan
Bobot 20 % 20% 20% 20% 20%
Menu dan icon pada program aplikasi microsoft excel
1 Menu bar
2 Menu standart
3 Menu formating
4 Menu drawing